MELANKOLIS
Kalo ngoming tentang masa lalu, gue mungkin orang yang paling ga setuju dengan nasehat“Hapus semua masa lalumu dan jalani hari ini dan esok seterusnya”. Kalo menurut gue itu cuma kalimat motivator yang terlalu didramatisir dan cocoknya cuma buat adegan-adegan serial FTV atau sinetron-sinetron abstrak.
Ya, kalo kalian pernah nonton yang begituan, kalian pasti bakal ketemu dengan sebuah adegan-adegan mainstreamsebagai contoh dimana ada seorang cowok yang patah hati, trus temennya ngasih semangat sambil menepuk pundaknya, sambil berkata:
“udahlah bro, jangan terlalu dipikirin, lupain aja semua dan jalani hidup loe sekarang”
Trus keesokkan harinya tu cowok ketemu sama cewek lain trus pedekate, jadian, pacaran, trus menikah, trus punya anak, dan seterusnya, lalu tamat. Trus yang nonton pada nangis sambil sambil ngelapin ingusnya yang ngocor kemana-mana dan kemudian dijilatin sedikit demi sedikit. Padahal ada hal lain yang lebih hipster yang gue harapin dari itu. Gue nunggu ada FTV yang nyeritain tentang seorang cowok yang patah hati karna cewek, terus temannya nasehatin :
"Ini belum berakhir bro, it's just the starting" sambil bawa parang, golok, atau celurit.
dengan begitu ga akan ada yang namanya cowok ditinggalin cewek. hahaha...
Jujur gue sebenarnya kadang gue suka mengenang masa lalu gue terutama masa-masa kecil gue dulu yang tanpa beban, free, dan semau gue. Gue pengen bisa ingat semua masa lalu mulai dari orok sampe sekarang buat gue jadiin dokumentasi, tapi sayangnya sel-sel otak gue terlalu rapuh buat yang namanya bertahan hidup sampe sekarang. Kayaknya sel-sel otak yang nyimpen memory-memory gue mengalami penuaan dini dan osteoporosis setiap harinya. Kasian! Banyak kenangan-kenangan masa lalu yang gue kenang sampe sekarang. Tapi ga tau kenapa yang bisa gue inget itu Cuma kenangan- kenangan kebodoon gue yang tiada duanya. Apa mungkin gara-gara hari-hari gue emang Cuma buat ngelakuin hal-hal yang bodo kali yak ? atau jangan-jangan sel otak negative gue berhasil menaklukan dan menjajah sel otak positif gue. sehingga pada akhirnya sel otak positif gue diperbudak, dipaksa kerja rodi, ga dikasih makan cuma minum doang dan pada akhirnya mati berserakan tanpa dikuburin? Gue juga ga tau, Cuma tuhan yang tahu !
Oke, gue bakal coba bercerita tentang masa lalu gue mulai dari titik terendah dalam usia gue. Gara-gara kejamnya kolonialisme dan imprialisme sel otak, saat ini gue cuma bisa nginget kenangan gue cuma sampe waktu gue berumur kurang lebih 4 tahun. Dan sekarang gue bakal cerita tentang “gue dan balita”
Sebenarnya gue lupa lagi gimana wajah gue waktu kecil. Gue ga suka selfie, karna selfie dulu adalah adik kelas gue SMP yang gagal gue kecengin gara-gara gue kalah saing. Ga banyak dokumentasi tentang gue diwaktu kecil dulu. Dari dulu gue bukan seorang fotogenik yang maniak buat foto sana foto sini. Bukan karna gue ga suka, tapi gue punya kenangan pahit dengan namanya blitz kamera. Waktu kecil gue pernah difoto tidak sadar kamera, kayak paparazzi gitu. Bukannya seneng, gue kaget abis ngeliat tiba-tiba ada kilat cahaya yang nyinarin gue. Gue pikir kilat petir nyambar gue pada akhirnya gue nangis sekenceng-kencengnya dengan durasi yang cukup panjang cukup buat dijadiin sebuah lagu sendu yang bernuansa melayu klasik. Sejak tragedi tersebut gue jadi parno kalo difoto pake blitz atau cahaya kamera. Kalo gue buka album-album foto kecil gue, kebanyakan pasti lagi merem.
Seinget gue dan berdasarkan referensi dari para pelaku sejarah kecil gue, gue itu termasuk anak yang super hiperaktif dan ceroboh. Banyak peristiwa-peristiwa yang gue alamin mulai dari kecebur kolam, jatuh tangga, sampe masuk ke dalam got. Sedih ! semua kejadian-kejadian itu bikin gue geleng-geleng kepala, “koq goblok banget ya gue? Ckckck “.
“jumping to the pool” ini salah satu peristiwa kocak yang gue alamin cukup sedih dan mengharukan. Ceritanya berawal dari suatu ketika gue bermain lopis sam temen-temen gue. sejenis permainan tradional di tempat tinggal gue yang cukup digemari sama naka-anak kecil waktu itu. Lopis merupakan kertas yang dilipat membentuk segitiga hampir sama dengan origami. Cara mainnya, lopis disusun dalam lingakran kecil, kemudian dilempar dari jarak tertentu, siapa yang bisa mengeluarin tu lopis dari lingkaran berarti tu lopis jadi miliknya dia. Walaupun hanya sebatas kertas, ga tau kenapa itu memiliki value yang cukup tinggi buat kita di waktu itu. Sebenarnya kalo boleh di bilang, dulu gue bukan anak yang jago dalam hal permainan apalagi permainan yang mengutamakan accurasi lemparan. Ga tau kenapa gue ga pernah bisa ngarahin lemparan tepat pada sasaran. Salah satu contoh ketidak terampilan gue ketika gue disuruh ngelemparin buah mangga tetangga, waktu itu gue coba lempar pake batu buled gede berharap tu mangga bakalan berguguran dan gue bisa pungut dan bawa buat oleh-oleh ke rumah. Kenyataannya, gue coba lempar tu batu dengan penuh semangat juang yang tinggi,,, sesaat kemudian,,, praaaaaaaannnkkkk… ya, bener.. lemparan gue seratus persen melenceng dan mengenai sasaran yang vital “kaca jendela tetangga. Ada yang teriak dan gue kabur pake jurus ninja andalan gue “lari bayangan” untungnya ga ketahuan karna gue berhasil menghilangkan jejak dan tidak ada saksi kejadian tersebut ! beruntung !!
Kembali ke cerita lopiz, jadi waktu itu gue ikutan main sama temen-temen seperjuangan dulu dengan harapan gue bisa menang dan bisa mencatat sejarah baru dalam dunia perlopisan di kampung gue sebagai “master of lopiz” singkat cerita, ternyata memang bener prestasi berbanding lurus dengan kemampuan. Hasil usaha gue ternyata di luar prediksi, gue kalah mutlak tak bersisa. Tapi yang paling bikin sedih plus galau saat sisa permainan terakhir gue, saat gue berpeluang 110% buat menangin pertandingan eh,, tiba-tiba salah seorang temen gue yang antagonis sengaja merusak permainan, dan berdasarkan keputusan bersama permainan diulang kembali. Jelas gue yang merasa dirugikan tidak terima dan pada akhirnya menetaskan air mata dan lari pulang ke rumah air penuh cucuran air mata.
Gue lari sambil nangis hampir sama kayak ayam kehilangan induknya yang lagi ikutan program jalinan kasih. Gue ga peduli orang-orang sekeliling gue yang terus ngeliatan malahan lari gue emakin kenceng ya setara dengan kecepatan motor CB 70 yang masih musim waktu itu. Semua rintangan berhasil gue lewatin, mulai dari kebon, selokan, dan kemudian gang sempit berhasil terlewati. Kalau diflash back, hamper mirip dengan lomba balap lari halang rintang dan gue berada pada posisis terdepan. Dan akhirnya, bencana terjadi saat gue hilang kendali kecepatan tanpa disadari hal yang terlupakan saat itu, di depan rumah gue ada kolam ikan yang membentang. Secara ilmu fisika dengan kecepatan saat itu gue ga mungkin bisa berhenti meskipun diberi percepatan -120 m/s. byyyuuuuuuuuuurrrr… perfect !!! gue berhasil terjun bebas ke dalam kolam dengan keadaan kepala terdepan. Untuk sesaat gue kehilangan kendali otak bawah sadar gue berfikir dan member peritah ke tubuh gue secara otomatis buat nyelamatin diri, untungnya air kolamnya msh dangakal dalamnya seleher gue, kemudian gue coba ngeraih tepian kolam dengan harapan gue selamat. Dan pada akhirnya gue berhasil menyelamatkan diri dan syukurnya ga ada yang tau ceritanya selain gue
Sejak saat itu ada beberapa hal yang dapat gue petik buat pelajaran hidup, pertama kalo emang ga jago main lopis, ga usah ikutan main! Ditabung aja biar ga abis. Kedua, kalo nagis jangan ditempat umum, malu-maluin! Ketiga, kurangi kecepatan kalo lagi berada ditempat yang ga ada orangnya. Dan yang terakhir segera belajar berenang biar bisa mengalih fungsikan kolam ikan menjadi kolam berenang ! sekiaaaann dan terima kasih


0 komentar:
Posting Komentar