Keep Struggle (Season 1)
Men! Masih di suasana kegundahan hati gue yang semakin sendu, lebih sendu
dari lagu-lagu kangen band atau ST 12 yang sering diputer di acara musik show
yang nampilin musisi -musisi lipsync atau minus one. Kalo sebelumnya gue banyak
bercerita tentang penyebab galau gundah gulana gue saat ini, sekarang gue
pengen cerita tentang perjuangan-perjuangan gue yang mendapat kegagalan dalam
upaya mencapai keberhasilan. Keberhasilan untuk membeli segudang beras dan
sebongkah berlian, karna gue bukan bang toyib, gue bang diki. Sip !
Oke, bakal cerita perjuangan gue ngelamar pekerjaan di triwulan pertama gue,
let's check it out
PT Artajasa Pembayaran Elektronik. Perusahaan IT yang pertama kali
panggil gue ikut tes. Gue ngelamar sebagai costumer
support yang sejatinya gue ga tau pekerjaan jenis apakah itu. Ini
pengalaman pertama berkesan tapi pahit, bro! Sepahit kopi lampung ga pake gula.
Ini pengalaman pertama gue berkelana di ibu kota. Ibu kota memang lebih kejam
dari ibu tiri Perusahaan ini berkantor di menara thamrin, di jalan sarinah
thamrin tepat persis di depan halte busway sarinah. Layaknya pengalaman pertama
ikut rekruitmen, gue exited banget!
Gue udah ga sabar buru-buru bekerja. Ada beberapa tahap rekrutmen di perusahann
ini, diantaranya seleksi administrasi, tes kemampuan dasar, wawancara HRD dan
terakhir wawancara Manager. Di perusahan ini gue sampai berhasil lolos tes
kemampuan dasar dan lolos ke tahap interview HRD untuk lanjut ke wawancara
direksi. Pada tahap wawancara ini gue dibantai karna gue ga bisa jelasin tugas
pada posisi gue, gue ga siap lahir dan bathin. dan gue gagal. Thas’s my first interview experience, and
stay cool even I failed. Hal yang menarik dari pengalaman gue saat tes di
sini adalah. Pada tahap pertama gue berangkat dari bandung-jakarta peke travel.
So, it’s easy to find the place. Pada
tahap kedua gue berangkat dari bogor dan ini kali pertama gue naik kereta
setelah sistem baru KRL jabodetabek diberlakukan. Sebenarnya sedehana, untuk
mencapai gedung menara sarinah thamrin gue bisa menggunakan halte. Naik kereta
dari bogor arah Kota jakarta, gue bisa turun setelah stasiun manggarai cari
halte busway dan turun di halte sarinah.
Tapi kenyataannya berbeda, gue tersesat turun di manggarai, gue nyambung naik
bajai nyari kopaja, trus naik kopaja gue salah turun di daerah sudirman, dan
karna panik takut terlambat akhirnya gue
putusin naik taksi dan sampai tepat waktu. Sungguh perjalanan yang panjang, bro
!
PT Atra Otoparts. Anak perusahaan Astra yang ada di bekasi. Gue
ngelamar sebagai elecrical engineer. Tes kali ini juga menjadi pengalaman baru
bagi gue. Ini adalah kali pertamanya gue menjelajahi kota bekasi. Lokasi tesnya
ada di konsultan rekrutmen yang beralamat di komplek harapan indah bekasi.
Dimana itu? Gue ga tau sebelumnya. Pada akhirnya gue telpon sepupu gue yang
kerja di bekasi untuk menggali informasi akses kendaraan umum ke sana. Tadinya
gue mau nginep di sana tapi ga jadi, gue ga enak ntar nantinya bakal
ngerepotin. Akhirnya gue dapat info untuk ke sana gue harus naik bus bogor
bekasi, dari terminal bekasi naik angkot 01 dan turun di harapan indah, lalu
naik ojek ke kantornya. Untuk pulangnya gue bisa naik kereta api ke bogor dari
stasiun kranji bekasi. Jam 5 subuh gue berangkat dari terminal baranang siang
bogor ke terminal bekasi timur. Gue sempat hampir nyasar, tapi untung gue cepat
bertanya sama petugas teminal dan akhirnya nyampe telat 1 jam. Tapi untungnya
gue masih bisa ikut psikotes. Hasilnya, gue lulus psikotes tertulis dan lanjut
wawancara psikolog dan tunggu kabar 3 minggu. Setelah di-PHP-in selama satu
bulan, akhirnya gue telpon, dan gue gagal.
PT Indofood Sukses Makmur. Industri makanan yang cukup terkenal di
indonesia dengan produk mie instannya. Di sini gue ngelamar sebagai engineer.
Waktu itu gue dapat sms buat tes di indofood divisi mie yang pabriknya ada si
kawasan industri ancol. Gue naik KRL dari bogor, dan naik angkot 01 warna biru
ke ancol. Setelah gue mengikuti dan lolos psikotes, gue lanjut ke wawancara HR,
yang paling bikin gue kesal adalah ternyata jurusan yang dibutuhkan buat posisi
yang gue lamar adalah listrik kuat, sedangkan gue arus lemah/telekomunikasi.
Lalu gue ditawarin sebagai pengawas gudang. Heloooo,,, plis deh, kata gue! Setelah gue pikir, gue nolak, karna gue pikir
gue emang butuh kerja, tapi gue juga butuh pengalaman di bidang gue. dan gue
gagal ! it’s okay there will be another
chance!
PT Pama Persada. Sebuah perusahaan tambang masih anak perusahaan
astra. Gue tes di bandung, di kampus polban. Ada hal menarik di sini. Gue
ketemu sama senior SMA yang juga satu tempat tinggal sama gue waktu di padang.
Dia juga ikut tes di sana. lalu terjadilah temu kangen jalinan kasih. Sama
seperti sebelumnya, di sini gue juga lolos psikotes tertulis dan lanjut
wawancara psikolog. Ketika wawancara, yang interview ngomong sama gue knapa ga
lamar ke perusahaan telekomunikasi aja. trus gue jelasin panjang lebar
alasannya. Dia bilang tunggu aja kabarnya 3 minggu untuk pengumuman hasilnya. Sama
seperti rekrutmen astra lainnya, menunggu tanpa kepastian. Setelah satu bulan
gue telpon ternyata gue juga gagal.Sejak saat itu gue kapok masukin ke astra
yang suka PHP.
PT Autonics Indonesia. Sebuah Perusahaan otomasi elektronika dan
instrumen milik orang korea. Sebenarnya di sini gue ga passion dan ga yakin mau
masuk sana, tapi karna rekomendai teman gue yang kerja di sana yaudah gue coba
ikut tes. Temen gue coba bantu gue dengan ngasih bocoran. Setalah gue baca, gue
ragu. Materi yang diujikan lebih kepada materi industri dan arus kuat, tapi gue
pikir apa salahnya mencoba. Oke, pada saat tertulis gue berhasil ngejawab 80%
pertanyaannya, tapi ketika pada wawancara kemampuan gue banyak nge-blank ga ngerti karna bukan bidang gue.
Gue optimis gagal.Sejak itu mulai sadar, gue ga bisa maksain maskin lamaran pada
posisi yang bukan bidang studi dan bukan passion
gue. gue galau udah lebih 3 bulan pasca wisuda gue belum juga dapat kerja.
Bimbingan Belajar Primagama. Bimbingan belajar yang mungkin sudah
terkenal di indonesia. Gue udah mulai putus asa buat ke industri. Gue mutusin
buat coba terjun ke dunia pendidikan. Jujur gue sangat kecewa dengan lembaga
bimbel tempat gue masukin lamaran. Gue langsung disuruh nyelesain soal-soal
tryout UN SMA. padahal gue butuh waktu dulu buat ngeriview semua. Mereka bilang
ga akan ngaruh dengan hasil tes, oke, gue isi sebisanya dan gue bilang gue
banyak yang lupa tentang materinya. Besoknya gue lanjut ke mikro teaching, dan
gue rasa i did my best ! karna sebelumnya gue juga udah ada pengalaman
ngajar di SMK 5 bulan. Gue disuruh nunggu kabar, tapi setelah itu ga ada kabar
lagi. I failed !
BANK BJB. Bank jabar banten. Ini pertama kalinya gue banting stir ke
perbankan. Sejujurnya gue setengah hati daftar ke sini karena gue ga suka sama
kontrak kerjanya yang pensiun di usia relatif muda. walaupun demikian gue tetap
coba you will never know until you ever try. Gue ikutin psikotesnya dan
lolos ke tahap selanjutnya. Gue lolos ke tahap selanjutnya tes focus
discusion group. Sejenis diskusi grup gitu. Gue kembali galau dan berfikir
ulang. Pada akhirnya gue ga ikut tes selanjutnya dan memutuskan untuk pulang.
Itulah beberapa kegagalan gue pada triwulan pertama gue nganggur. Ada
beberapa perusahaan yang ga gue ikutin tesnya gara ga sempat baca dan ga sempat
datang, diantaaranya PT Elnusa, PT Andalan Multi Kencana, PT Pharos Indonesia,
dan PT prudensial Insurance.
Gue masih punya cerita lagi tentang perjuangan gue selanjutnya


salam gan.
BalasHapusboleh tau materi tes autonics indonesia ?
buat bahan referensi saya gan. hehe
trims :D
sorry telat respon gan !
BalasHapussecara umum materi tes autonics itu berkaitan dengan sensor2, microprosessor, sampe logic PLC,
karna ane konsentrasinya Telco, ane ga tau apa2,, hahah
gan itu ke indofood ancol naik angkotnya dari mana? turun di depan indofoodnya kah? thanks, salam kenal ane juga dari bogor haha
BalasHapusnaik angkot 01 dari depan stasiun kota arah ancol gan,
BalasHapusangkotnya ga lewat persis depan pabriknya. Jadi agan bisa turun di gang dari arah belakang atau depannya, trus jalan dikit gan.
kalo ane sih turun di gang arah belakangnya jadi jalannya juga lebih deket.
Good luck gan! thanks for visiting!
Psikotes indofood apa ja ya gan.. Maksih infonyA
HapusSorry telat bales,,
Hapusane lupa detailnya, secara umum kayak standar psikotest biasa, gan
ada Tes Logika aritmatika,penalaran, analog verbal, Pauli sama warteg